Senin, 24 November 2008

Jababeka Bangun Kawasan Industri di Palu

Media ALkhairat, Jum’at 21 November 2008

Jababeka Bangun Kawasan Industri di Palu

JAKARTA – PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) siap membangun kawasan industri seluas 700 hektar di Palu dengan berbasis komoditas inti daerah.
Vice President Corporate Marketing Jababeka, Agus H Canny, di Jakarta Kamis (20/11), mengatakan pihaknya tidak akan mengembangkan kawasan industri-industri yang berbasis manufaktur di wilayah tersebut dikarenakan belum memadainya infrastruktur pendukung.
“Pembangunan itu memang memakan waktu dan sekarang ini kami sedang melakukan pembangunan fisik terlebihdahulu seluas 25 hektar, baru kemudian kami mencari SDM (Sumber Daya Manusia),” kata Agus seperti diberitakan Antara.
Pengembangan kawasan itu merupakan bentuk dari kerjasama antara Jababeka dengan Pemerintah Kota Palu pada 8 Mei 2008 lalu. Bentuk kerjasma tersebut antara lain pembangunan infrastruktur kawasan industri hingga pemasaran hasil penelitian dan pengembangannya.
“Pembangunan akan dilakukan dengan tiga tahap dan pada tahap pertama kita akan membangun di kawasan seluas 500 hektar dari seluruh lahan yang ada atau sekitar 1.500 hektar,” timpal Agus.
Tanpa menyebutkan nilai investasi kawasan itu, Agus menjelaskan, komoditas yang potensial untuk dikembangkan dikawasan tersebut antara lain industri berbasis komoditi coklat, rotan dan rumput laut.
Rencana pembangunan di Kecamatan Palu Utara 700 hektar untuk kawasan industri, 500 hektar untuk kawasan perumahan, 100 hektar taman pendidikan dan pusat penelitian, 100 hektar untuk kawasan komersial, 50 hektar untuk sarana olahraga, Golf & Country Club, 50 hektar untuk pergudangan, dan 5 hektar untuk taman.***

Tidak ada komentar: