Selasa, 19 Januari 2010

Pemadaman Bergilir Terus Berlangsung

Media Alkhairat, Selasa 19 Januari 2010

Pemadaman Bergilir Terus Berlangsung

PALU – Pemdaman Listrik bergilir terus berlangsung hingga tadi malam. Ini karena system kelistrikan Palu, Sulawesi Tengah saat ini defisit daya sebesar 6 Megawatt (MW).

“Dengan berat hati pemadaman dilakukan sebab system palu masi kekurangan daya 6 MW,” kata Manager PT PLN setempat Nyoman Sujana di Palu, Senin.

Ia menjelaskan dalam beberapa hari terakhir ini masi ada pemadaman dilakukan sebab salah satu mesin embangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Silae yang baru saja selesai menjalani perbaikan belum beroperasi secara maksimal.

Daya PLTD itu 7 MW tapi baru bisa mensuplai daya 4 MW, ujarnya dan menambahkan, beban puncak system palu saat ini mencapai 52 MW namun produksi dari seluruh pembangkit hanya 46 MW.

System Palu yang juga melayani 200.000 pelanggan di tiga Kabupaten di Sulteng yakni, Parigi Moutong, Sigi dan Donggala, serta Kota Palu, selama ini mengandalkan PLTD dan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) milik swasta. Menurut dia, jika salah satu PLTU dan PLTD mengalami gangguan (rusak) dipastikan terjadi pemadaman bergilir.

Kebijakan tersebut tidak bisa dielakkan karena, PLN tidak memiliki mesin pembangkit cadangan yang sewaktu-waktu digunakan ketika terjadi kerusakan pada salah satu mesin PLTU dan PLTD.

Sebagian besar kebutuhan listrik system Palu ditalangi oleh PT PJPP (Pusaka Jaya Palu Power) perusahaan yang mengelolah PLTU Mpanau.

Sementara Kepala Bagian Operasional PLTU Mpanau Djati Nugroho mengatakan, suplay daya dari PLTU berjalan normal. Dua unit masin PLTU saat ini beroperasi dengan baik dan mampu mensuplai daya 24-25 MW setiap hari. “Jadi jika masih ada pemadaman bergilir, itu semata-mata kebijakan PLN,” katanya. (ANT)

Tidak ada komentar: