Kamis, 21 Januari 2010

Hari ini Walikota Bertemu dengan Pihak CPM

Media Alkhairat, Rabu 20 Januari 2010

Hari ini Walikota Bertemu dengan Pihak CPM

PALU – Dijadwalkan hari ini Walikota Palu Rusdy Mastura bertemu dengan Pimpinan Citra Palu Mineral (CPM) Andi Darusalam guna membahas pelepasan lahan seluas 200 hektar. Pertemuan yang sifatnya sangat penting ini akan berlangsung di Makassar.

Walikota Palu Rusdy Mastura mengatakan, terhitung sudah ketiga kalinya surat yang dikirim oleh Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) tidak mendapat balasan dari CPM, untuk mencari tahu permasalahan sehingga surat tersebut mengalami kemandekkan maka pihaknya kembali mengirimkan surat namun surat tidak di biarkan begitu saja tetapi langsung diantara oleh pihaknya kepada salah satu unsur pimpinan CPM.

Dari hasil negosiasi yang dilakukan hari ini pihaknya diberikan kesempatan untuk ketemu dengan salah satu unsur pimpinan CPM yakni Andi Darusalam.

Menurut dia, sebenarnya pertemuan dengan Andi Darusalam delakukan Senin kemarin namun bertepatan dengan waktu cek-upnya disalah satu rumah sakit di Jakarta sehingga pertemuannya ditunda hingga hari Rabu ini di Makassar.

Namun jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau terjadi kebuntuan dari pertemuan itu nantinya, maka pihaknya akan kembali mengkonsultasikan kepada unsur Muspida Provinsi. Untuk peraturan daerah (Perda) Tambang Poboya, saat ini pihaknya sudah menyiapkan, namun untuk mengatur pertambangan ini mulai dari tromol hingga penambang harus didukung ijin dari Muspida Provinsi.

Sementara Wakil Walikota Palu Andi Mulhana Tombolotutu mengatakan, jika dalam pertemuan itu Walikota Rusdy Mastura juga tidak mendapatkan hasil seperti apa yang diinginkan, maka Pemkot Palu tetap akan mengeluarkan ijin penambang rakyat (IPR) untuk para penambang yang sudah bekerja, tinggal menyesuaikan titik koordinatnya yang tertuang dalam peta sebagai lampiran dari surat keputusan (SK) IPR. (IRMA)

Tidak ada komentar: