Senin, 01 Februari 2010

NEGOSIASI LAHAN KE CPM BUNTU, Pemkot Palu akan Surati Menteri ESDM

Media Alkhairaat, Jum’at 29 Januari 2010

NEGOSIASI LAHAN KE CPM BUNTU
Pemkot Palu akan Surati Menteri ESDM

PALU – Semangat dan upaya pemerintah pembebasan lahan di tambang Poboya tak henti-hentinya dilakukan oleh Walikota Palu Rusdy Mastura. Tidak membuahkan hasil dalam pertemuan dengan PT Citra Palu Mineral (CPM) di Makassar beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) banting setir dengan bersurat ke Pemerintah Pusat.

Rusdy Mastura mengatakan karena CPM tidak berwenang melakukan penyerahan lahan di kawasan Poboya yang menjadi wilayah konsesinya, maka satu-satunya jalan yang harus ditempuh adalah meminta kepemerintah pusat melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Surat yang akan dikirimkan ke Menteri ESDM tidak begitu saja dilepas dimasukkan ke Departemen ESDM. Tetapi pihaknya harus mengawal surat itu sehingga balasannya dapat cepat diketahui dan jelas sejauh mana respon pusat,” ujar Rusdy Mastura, Rabu (27/01).

Menurut dia, saat ini seratnya masih tengah dikonsep dan dipertegas lagi. Sehingga pemerintah daerah pusat dalam hal ini Menteri SDM dapat mengetahui dengan jelas alasan dari permintaan pembebasan lahan tambang Poboya. Dalam waktu dekat jika surat tersebut sudah selesai, Rusdy Mastura mengaku akan membawa langsung ke Departemen ESDM. (IRMA)

Tidak ada komentar: