Rabu, 24 Februari 2010

BAHAS TAMBANG POBOYA Hari ini, Walikota-CPM Bertemu

Media Alkhairaat, Senin 22 Februari 2010

BAHAS TAMBANG POBOYA
Hari ini, Walikota-CPM Bertemu

PALU – Dijadwalkan pagi ini Senin (22/2), Walikota Palu Rusdy Mastura akan menggelar pertemuan dengan salah satu unsur direktur PT Citra Paku Mineral (CPM) Andi Darussalam. Pertemuan tersebut akan berlangsung diruang rapat sekretariat kantor Walikota Palu.

Walikota Palu Rusdy Mastura mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihaknya akan mengundang Kapolda Sulteng, Gubernur HB Paliudju dan unsur Muspida Sulteng lainnya.

Dia mengatakan, masalah tambang Poboya harus secepatnya dituntaskan agar semua persoalan tersebut tidak menjadi terik menarik.

Saat ini aturan tentang perijinan pertambangan rakyat yang telah melalui kajian aman lingkungan sudah tersedia, hanya saat ini pihaknya masih berusaha untuk mendapatkan ijin dari Menteri ESDM. Jika pihaknya telah melakukan berbagai usaha namun terjadi kebuntutan di pemerintah, terpaksa pihaknya mengambil alih kewenangan itu.

“Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau terjadi kebuntutan dari pertemuan itu nantinya, maka pihaknya akan kembali mengkonsultasikan kepada unsure muspida tingkat satu Sulteng. Untuk peraturan daerah (Perda) untuk Tambang Poboya saat ini sudah pihaknya siapkan, namun untuk mengatur pertambangan ini mulai dari tromol hingga penambang harus didukung ijin dari muspida tingkat satu,” ujar Walikota Palu ini.

Sementara pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar pertambangan rakyat yang ada di Kelurahan Poboya tetap dibuka dan diusahakan pihaknya sudah mendapatkan titik terang, sebelum deadline yang diberikan oleh Kapolda Sulteng sebelum 12 Maret 2010.

Sebelumnya juga pihaknya telah menggelar pertemuan dengan PT CPM dilakukan di Makssar beberpa bulan lalu, namun belum mendapatkan titik terang. Dengan digelarnya pertemuan ini di depan Kapolda, unsure muspida diharapkan kiranya membuahkan hasil yang maksimal sesuai denga harapan bersama. (IRMA)

Tidak ada komentar: