Minggu, 17 Mei 2009

Pemkot Perjuangkan Kepentingan Teluk Palu

Garda Sulteng, Jum’at 15 Mei 2009

Pemkot Perjuangkan Kepentingan Teluk Palu

Palu, Garda Sulteng – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu yang di wakili Wakil Walikota Palu, Mulhana Tombolotutu, mengikuti kegiatan symposium internasional Kelautan yang telah dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis kemarin. Keikut sertaan Kota Palu dalam symposium tersebut, selain telah terjadwalkan juga untuk melakukan berbagai kepentingan untuk Teluk Palu dengan pendekatan pembangunan kawasan. Seperti diketahui bahwa Kota Palu telah ditunjuk dan ditetepkan sebagai bagian dari Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Terpadu (KAPET) di Sulawesi Tengah. Sehingga memungkinkan jika issue soal kelautan menjadi bagian terpenting untuk Kota Palu. Mengingat bahwa potensi Teluk Palu sangat memungkinkan kearah yang lebih spesifik, misalnya pengelolaan hasil laut dan pariwisata.
Selain itu juga Kota Palu sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mempunyai arti penting untuk pengembangan dan peningkatan investasi. Sehingga dalam momentum WOZ ini, Kota Palu dapat mengambil peran khususnya dibidang hasil laut, industry dan pariwsata. “Ketiga kompenen tersebut dapat diupayakan menjadi perhatian, sehingga dengan hadirnya KAPET dan KEK dapat menjadi tringger bagi pengembangan dan pembangunan Kota Palu.
“Karena melihat kepentingan kawasan tersebut maka Kota Palu juga berupaya untuk turut ambil bagian didalamnya. Sehingga anekdot persoalan dilaut jangan dibawa didarat, itu tidak berlaku dalam forum WOC,” ujar Mulhana.
Selain aktif dalam forum WOC, Kota Palu juga mengikuti pameran dengan menghadirkan informasi tentang Kota Palu melalui penerbitan buku Doing Bussines dan Palu Sight Seeing. Menariknya, dari forum WOC, Pemerintah Kota Palu melalui Tim Sekretariat Kota Palu di Kapet Palapas telah melakukan pembahasan dan dael dengan Dewan Kelapa Nasional akan melaksanakan pertemuan Dewan Kelapa Nasional di Kota Palu. EFR

Tidak ada komentar: