Rabu, 26 Mei 2010

Kamis, Genset 10 MW Beroperasi

Media Alkhairaat, Senin 24 Mei 2010

Kamis, Genset 10 MW Beroperasi

PALU – PT PLN Wilayah Sulutenggo meminta kepada Walikota Palu Rusdy Mastura untuk mendampingi PLN untuk melakukan pengoperasian perdana mesin genset yang berkekuatan 10 mega watt (MW). Pengoperasian perdana dijadwalkan pada Kamis, 27 Mei 2010 mendatang.

Walikota Palu Rusdy Mastura mengatakan, permintaan pimpinan PT PLN wilayah itu disampaikan didepan Direktur Utama (Dirut) PT PLN Pusat Dahlan Iskan baru-baru ini di Jakarta disela-sela pertemuan dengan Direktur PT PJPP.

Dia mengatakan, saat ini mesin genset yang didatangkan dari PT Sewatama saat ini sudah beroperasi di PLTD Silae. Saat ini mekanik dari PT PLN Palu, tengah melakukan persiapan-persiapan menghadapi pengoperasian.

Menurut dia, dengan dioperasikannya mesin genset 10 MW ini ditambah dengan beroperasinya dua unit mesin PLTU Mpanau sebesar 25-26 MW ditambah PLTD Silae 19 MW dan Parigi 3 MW Kota Palu dan sekitarnya tidak akan mengalami krisis listrik.

“Pada saat hearing di DPR RI tentang kelistrikan Dirut PT PLN Pusat Dahlan Iskan sempat menitikan air mata mengetahui sampai saat ini masih ada Propinsi di Indonesia masih menglami krisis listrik yang begitu parah. Untuk itu Dahlan Iskan berjanji akan membantu Sulteng dalam hal Kota Palu menuntaskan persoalan listrik,” ujar Walikota Palu.

Dia mengatakan, kedatangan mesin genset Sewatama ini ke Kota Palu merupakan program PT PLN secara nasional yang diberikan kepada beberapa propinsi salah satunya Sulteng yang masih mengalami krisis listrik. Sebagai tahap awal PT PLN Pusat baru mendatangkan 10 MW sementara 10 MW sisanya akan menyusul.

Dalam pertemuan dengan PT PLN Pusat yang membuahkan hasil yang cukup menggembirakan saat ini Walikota Palu Rusdy Mastura tengah mencari lokasi bidang tanah dengan luas 5 hektar yang akan digunakan untuk pembangunan pusat listrik tenaga gas dan batubara (PLTGB) sebesar 20 MW. Salah satu lokasi yang sudag diliriknya kawasan industry yang berada di Kecamatan Palu Utara.

Pembangunan PLTGB ini merupakan perintah langsung Dirut PT PLN Pusat Dahlan Iskan kepada dirinya meningkatkan kapasitas kelistrikan di Kota Palu.

“Jika PT PLN Pusat setuju saya akan mengarahkan pembangunan PLTGB di Kawasan Industri Palu Utara. Kawasan itu saat ini sudah menjadi milik Pemerintah sehingga tidak menyulitkan lagi untuk mencari lokasi karena daerah itu sangat strategis dekat dengan kawasan pantai,” ujar Cudy sapaan Rusdy Mastura. (IRMA)

Tidak ada komentar: