Senin, 05 Januari 2009

PLN Upayakan Mesin 25 MW Awal 2009

Media Alkhairat, Rabu 17 Desember 2008

PLN Upayakan Mesin 25 MW Awal 2009

Palu – Untuk mengatasi krisis listrik di Sulawesi Tengah, PT PLN Cabang Palu akan mengupayakan pengadaan mesin 25 Megawatt (MW) diawal tahun 2009.
Kepala Pelaksana Harian PLN Cabang Palu, melalui Humasnya Petrus mengatakan, penambahan mesin 25 MW tersebut, akan mengurangi beban krisis listrik yang ada. Menurut Petrus, pihaknya tidak bisa memastikan kapan mesin berkekuatan 25 MW itu beroperasi.
“Kami dari pihak PLN tidak bisa menentukan kapan beroperasinya mesin tersebut, tapi kami akan mengupayakan diawal tahu 2009, mesin itu sudah berada di Palu,” kata Petrus yang ditemui Media Alkhairat diruang kerjanya Selasa sore kemarin.
Dia menambahkan, pengajuan penambahan mesin tersebut beserta uji kelayakannya sudah disetujui oleh PLN Pusat. Namun untuk membuat suatu perencanaan beroperasi mesin itu pihaknya tidak bisa mengada-ngada.
“Jadi kalau mesin baru ini sudah beroperasi, maka bisa membantu para konsumen yang masuk dalam daftar tunggu tersebut,” tuturnya.
Pemasangan multiguna yang diputuskan karena kontrak telah berakhir lanjut Petrus, dengan kedatangan mesin 25 MW ini akan bisa membantu untuk penyambungan kembali. Hal itu akan disesuaikan dengan neraca daya yang ada.
Petrus menjelaskan, jika penyuplaian daya dari PLTU kepada PLN sudah normal dan kondisi PLTD Silae juga tidak ada kerusakan, maka kelistrikan di Kota Palu akan kembali normal. Akan tetapi jika sebaliknya, maka pihak PLN masih tetap akan berlakukan pemadaman secara bergilir.
“Kalau belum normal PLTU dan PLTD Silae maka pasti akan terjadi pemadaman lagi,” kuatirnya. (ahmad)

Tidak ada komentar: