Senin, 29 Juni 2009

Terkait Penolakan Tambang Emas Poboya Walhi Dukung Sikap Gubernur

Media alkhairat
Senin 29- juni- 2009

Terkait Penolakan Tambang Emas Poboya
Walhi Dukung Sikap Gubernur

PALU- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sulawesi Tengah ( Walhi Sulteng ) mendukung penuh sikap Gubernur dan ketua DPRD Sulawsi Tengah menolak tambang emas poboya.

Hal itu di sampaikan kepala divisi advokasi dan kampanye Walhi Sulteng, Andika Setiawan dalam siaran persnya kepada media ini sabtu ( 27/6/2009/ ).

Menurut Andika Setiawan, sikap Gubernur dan ketua DPRD provinsi harus di apresiasi oleh semua pihak termasuk pihak pemerintah daerah empat kabupaten yakni, parigi mautong, kabupaten donggala, sigi, dan pemerintah kota palu.

Sebagai daerah yang masuk dalam areal konsesi tambang, harusnya pemerintah di empat di daerah tersebut memiliki sikap yang sama dengan Gubernur melihat tambang poboya sebagai ancaman bukan jalan kesejahteraan sebagai mana di lansir oleh Alkhairat sabtu ( 27/6/2009 ) tegas andika.

Dia menyebutkan, keberadaan tambang emas poboya sama skali hasilnya bukan untuk di rasakan masyarakat tapi lebih pada kepentingan laba perusahaan, jika melihat dari pengalaman pertambangan emas di Indonesia seperti PT. Freeport di papua, PT, Newmont Minahasa raya di Buyat manado.

Saat ini kata Andika, ada tiga hal yang benar-benar harus di perhatikan seksama, seprti pada sektor daya serap tenaga kerja, potensi dampak lingkungan dan kedaulatan rakyat.
“sebagai daerah penyangga dan sumber air bersih, poboya juga memiliki peran strategis dalam menjaga kualitas pasokan air bagi sebagian besar pemukiman di kota palu. Hal itu tidak di bisa di gantikan dengan kolam-kolam tampungan limbah ( tailing ) yang mengandung racun seperti mercuri dan sianida” tegasnya.

5 komentar:

mozz mengatakan...

barang tambang adalah anugerah untuk bangsa ini, kalau tidak dikelola apalah artinya..kiranya teman2 walhi dan pemda setempat mencarikan solusi kiranya emas yg ada di PABOYA bisa ditambang..konsep tambang berwawasan lingkungan..ok broo..celotehnya dikurangi

mozz mengatakan...

gayanaji WALHI banyak cerita...banyak pote2 tidak ada buktiX

mozz mengatakan...

jangan..jangan..jangan..katakan jangan..kepada kelompok2 yg tidak peduli tambang,,tambang itu..PERLU sobat..makanya emas yg ada di palu secepatnya dikelola dengan konsep good mining peractice,,masyarakatlah yg harus kelola,,supaya taraf ekonomi,wilayah tersebut meningkat..PETI berwawasan lingkungan

mozz mengatakan...

WALHI....kelompok yg tidak tau apa2 tentang tambang,,cuman besar di mulut

awaludinrossi mengatakan...

saya setuju dng pa mozz,...jangan asal celote,..tolong dong carikan solusi nya,..jangan asal,...hu-ha,..kasian para penambang,,..di mna sekarang,hidup udah semakin susah,..pekerjaan uda makin sempit,apa lagi biaya hidup sekarang uda makin waaaaa,....saya harap,.bapa2 pertimbahgkan,..dong,..hanya saya ingin sarankan,..WALHI ngomong nya di kurangin,...kata org manado,..lala mulu,....