Jumat, 05 Desember 2008

Sistem Palu Kembali Difisit Daya Listrik 13 MW

Media Alkhairat, Senin 1 Desember 2008
Sistem Palu Kembali Difisit Daya Listrik 13 MW
Palu – Sistem kelistrika Palu di Sulwesi Tengah kembali difisit daya listrik sekitar 13 MW (megawatt), menyusul lima dari10 unit PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel) milik PT PLN setempat mengalami gangguan dan sementara dalam perbaikan.
Selain itu, suplay daya listrik dari dua unit PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Mpanau yang dikelolah PT PJPP (Pusat Jaya Palu Power) tidak beroperasi secara maksimal.
“Sudah beralangsung tiga malam terakhir ini, terjadi pemadaman aliran listrik segera bergilir untuk sistem Palu,” kata Petrus, Humas PT PLN Cabang Palu, Ahad (01/12), seperti diberitakan Antara.
Kebijakan pemadaman bergilir terpaksa dilakukan, sebab sistem Palu yang saat ini melayani sekitar 170 ribu pelanggan tersebut di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong mengalami kekurangan daya cukup besar.
Kebutuhan daya listrik pada malam hari untuk sistem Palu mencapai 42-44 MW, sementara daya yang diproduksi PLTU dan sejumlah PLTD saat ini tinggal sekitar 30 MW.
Khusus pengurangan suplay daya listrik dari PLTU, Petrus, tidak mengetahui secara pasti penyebabnya, namun kemungkinan besar terkait persediaan stok batubara semakin menipis.
Biasanya, jika stok batubara menipis,pihak PT PJPP sebagai pengelolah PLTU megurangi suplay daya ke PLN, sebab khawatir stok batubara habis sebelum mendapat pasokan.
Menyinggung mengenai lima mesin PLTD yang tidak beroperasi karena mengalami gangguan, Petrus tidak merinci, kecuali mengatakan kondisi mesin PLTD saat ini rata-rata kemampuannya menurun drastis, karena faktor usia mesin diatas 20 tahun.
“Ya namanya mesin sudah tua, otomatis kemampuannya sudah menurun dan rawan rusak,,” ujarnya.
Pimpinan Wilayah VII Sulawesi Utara/Tengah dan Gorontalo (Sulut/Tenggo) saat ini sedang mengupayakan pengadaan mesin pembangkit disel yang baru dengan kapasitas 20 MW untuk mengatasi difisit daya listrik.
Rencananya, pembangkit listrik tersebut menggunakan BBM non solar. “Mudah-mudahan paling lambat 2009 pengadaan mesin pembangkit baru dimaksud telah terealisasi sehingga sistem Palu terhindar dari krisis daya listrik,” katanya.***

2 komentar:

Anita mengatakan...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? adalah bisnis Anda menangis untuk kebangkitan keuangan, telah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? mencari lagi, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, menipu warga yang tidak bersalah dan meningkatkan rasa sakit mereka. Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com dan mengisi formulir di bawah ini.

Peminjam DATA.
1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis kelamin: ..................
5) Status Pernikahan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... Nomor 7) Telepon: ........................... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) Monthlyincome ...... ...................
10) Pinjaman Durasi: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ............
13) Tanggal lahir: ........................

silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah, keberhasilan Anda adalah tujuan kami.

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.