Senin, 15 Desember 2008

Investasi Kelapa Sawit Diharapkan Serap Tenaga Kerja

Media Alkhairat, Senin 15 Desember 2008
Investasi Kelapa Sawit Diharapkan Serap Tenaga Kerja

Tolitoli – Rencana Kalla Group (KG) untuk berinvestasi di wilayah Tolitoli, khususnya di bidang perkebunan kelapa sawit, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar.
Demikian dikatakan Bupati Tolitoli, HM Ma’ruf Bantilan, Sabtu (13/12) akhir pekan lalu saat ditemui dikediamannya.
Menurut Ma’ruf, anak perusahaan KG tersebut rencana akan memulai ekspansinya pada 2009 mendatang, untuk menanamkan modalnya ditiga kecamatan yang ada di Tolitoli, yakni Kecamatan Lampasio, Basidondo dan Ogodeide. Ma’ruf meyakini, kehadiran anak perusahaan KG itu, mampu menggerakkan sektor pertanian dan perkebunan di Tolitoli, yang secara otomatis akan ikut memperkuat ekonomi daerah.
“Investasi ini bukan hanya sekedar menggerakkan sektor pertanian semata, lebih dari itu, penanaman modal ini juga memiliki multi player effect, seperti penyerapan tenaga kerja, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada disekitar lokasi investasi,” ujarnya.
Ma’ruf juga mengatakan, kehadiran KG yang berniat berinvestasi dalam jumlah modal besar itu, juga sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolitoli untuk mencapai visi kabupaten, yakni menciptakan Kabupaten Tolitoli yang maju dan sejahtera dengan bertumpu pada pertanian modern, industri dan perdagangan, dengan tetap berupaya memajukan pengelolaan pertanian dengan cara yang modern.
“Investasi itu hanya salah satu upaya Pemkab dalam mewujudkan visi kabupaten. Pemkab juga akan berupaya agar pengelolaan pertanian kita dilakukan dengan cara yang modern dengan menggunakan tekhnologi tepat guna dibarengi dengan pembanguna industri dan kemajuan perdagangan yang dapat memasarkan hasil pertanian sampai kedaerah lain bahkan luar negri,” urai Ma’ruf.
Untuk mewujudkannya imbuh Ma’ruf, dibutuhkan tanggung jawab, kemampuan, komitmen moral birokrasi daerah dan dukungan luas masyarakat berupa ikut berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita bersama tersebut. (aly)

Tidak ada komentar: