Senin, 15 Desember 2008

Pemkab Temui Pemilik Lahan Warga Berikan Secara Suka Rela

Media Alkhairat, Kamis 11 Desember 2008

Pemkab Temui Pemilik Lahan
Warga Berikan Secara Suka Rela

Parigi – Warga disekitar lokasi pembangunan proyek Pusat Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) oleh Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan (Pikitring) PT PLN wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulmapa) di Kecamatan Tomini, Pemkab Parigi Moutong, awal pekan ini, memberikan lahannya secara sukarela dan hanya meminta ganti rugi tanaman.
Hal itu terungkap antara pemilik lahan dengan pihak pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang di pusatkan di Desa Tomini Barat.
Dalam pertemuan itu dibicarakan soal penetapan nilai kompensasi penggantian lahan warga dan melakukan sosialisasi tentang pembangunan PLTM.
Wakil Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, pada kesempatan itu mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan sebagai langkah tindak lanjut dari pendataan lokasi yang dilakukan oleh Tim yang terdiri dari instansi teknis terhadap sejumlah lahan, baik yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan PLTM.
Dia menjelaskan, pemerintah sangat serius merespon pembangunan PLTM ini, karena pemerintah menyadari betapa pentingnya energi listrik bagi masyarakat, apalagi wilayah yang menjadi lokasi pembangunan PLTM ini, saat belum terjangkau listrik.
Rizal menambahkan, pembangunan PLTM ini bukan hanya dirasakan warga di Kecamatan Tomini, namun masyarakat di kecamatan lainnya seperti Tinombo Selatan, Tinombo, Palasa, Mepangan, Bolano, Lambunu, Taopa dan Kecamatan Moutong.
“Saya harap kita semua mendukung pembangunan PLTM ini, sebagai jawaban keluhan para Investor yang ingin menanamkan modalnya diwilayah ini, PLTM ini membuka jalan para investor masuk diwilayah Parigi Moutong,” katanya.
Warga juga berharap agar pembangunan itu segera direalisasikan dan mereka mengaku siap membantu proses pembangunannya. (ardin)

Tidak ada komentar: