Rabu, 01 April 2009

Potensi Migas Teluk Tomini Akan Eksplorasi

Media Alkhairaat
Rabu, 1 April 2009

Potensi Migas Teluk Tomini Akan Eksplorasi

Parigi_ Kepala Dinas Pertambanan dan Energi (Distamben) Parigi Moutong, Ir Adhan Sukara mengatakan sesuai hasil penelitian sistem seismic di sepanjang pantai Teluk Tomini ternyata terindikasi memiliki potensial endapan hydrocarbon atau migas.

"kita perlu bangga dan bersyukur bahwa sepanjang daerah Teluk Tomini ternyata terindikasi sebagai daerah sebagai daerah yang memiliki minyak dan gas (migas) yang cukup potensial. Selain itu sebahagian besar wilayah tersebut masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Parigi Moutong "jelas Adhan Sukara yang ditemui di ruang kerjanya, selasa (31/3) kemarin.

Dia menambahkan dari blok pemetaan migas yang dilakukan tim peneliti, sekitar tiga blok masuk wilayah Teluk Tomini dalam wilayah Kabupaten Parigi Moutong, sebanyak 4 blok lainnya masuk wilayah daerah tetangga seperti Proponsi Gorontalo, Kabupaten Poso dan Morowali.

Dia juga mengaku Depertemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui direktur jendral (DIkjen) Migas beberapa waktu lalutelah melakukan kostultasipublik dengan Gubernur Sulteng prihal keberlanjutan potensi migas yang ada di Teluk Tomini.

Dari hasil konstultasi publik yang dilakukan DitjenMigas tersebut, kata adhan, kemungkinan pada bulan Mei 2009 mendatang, Pemerintah akan melakukan pelelangan ke perusahaan migas yang berminat untuk pengembangan potensi migas di Teluk Tomini.

"Harapan kami SDA tersebut sudah dilakukan eksplorasi, sehinggah dapat memberikan kontribusi terhadap daerah disamping itu diharapkan memberikan kontribusi pula terhadap Masyarakat. (ardin)

Tidak ada komentar: