Senin, 27 April 2009

LUBANG PT INCO, MEMAKAN KORBAN

Garda Sulteng, Selasa 28 April 2009
LUBANG PT INCO, MEMAKAN KORBAN
Palu, Garda Sulteng
Keberadaan PT International Nickel Indonesia Tbk (PT INCO) yang menguasai Kontrak Karya (KK) sekitar 32 ribu hektar (Ha) areal tambang di Kecamatan Bahodopi dan Petasia, Kabupaten Morowali, dinilai banyak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan disekitar daerah eksplorasi.
Setelah terkuak adanya tumpang tindih lahan dari penempatan 987 KK (Kepala Keluarga) transmigrasi di UPT Bahodopi, UPT Bahomotefe dan Despot Lele di wilayah Kabupaten Morowali, kini mencuat adanya temuan lubang-lubang eksplorasi yang dibiarkan menganga tanpa pembenahan dan rehabilitasi sama sekali. Lubang-lubang berdiameter kurang lebih 100 centimeter X 170 centimeter dengan kedalaman sekitar 30-50 meter ini banyak tersebar disekitar Kecamatan Bahodopi dan Petasia. Disekitar Desa Ganda-ganda misalnya, lubang-lubang pasca eksplorasi ini banyak dikeluhkan oleh warga masyarakat. Mereka takut lubang ini dapat berakibat buruk bagi ekosistem alam sekitarnya, bahkan lebih parah lagi dapat mengancam jiwa mereka. Apalagi, lubang-lubang eksplorasi PT Inco ini, kabarnya pernah menelan korban jiwa, yaitu salah seorang pekerja asing PT Hoffman yang terjatuh kedalamnya dan akhirnya tewas.
“Kami sangat mengkhawatirkan keberadaan lubang-lubang eksplorasi yang ada disekitar wilayah desa kami. Sudah beberapa kali warga disekitar sini hampir terjatuh dan terperosok kedalam lubang tersebut. Kami berharap agar hal ini dapat menjadi perhatian”, ungkap salah seorang warga Ganda-ganda kepada media ini beberapa waktu lalu.
Sementara itu, Halim Koordinator Lapangan (Korlap) Yayasan Tanah Merdeka (YTM) yang telah melakukan penelitian di tempat keberadaan lubang-lubang pasca galian membenarkan bahwa memang benar ada banyak lubang pasca galian yang tersebar di sekitar Kecamatan Bahodopi dan Petasia, khususnya di sekitar wilayah Ganda-ganda. Menurutnya, tidak mungkin dua perusahan tersebut tidak mengetahui mana saja lubang yang telah mereka hasilkan.
Bukankah kata dia, ada kegiatan survey yang dilakukan oleh ahli geologis terlebih dahulu dalam menentukan titik-titik mana saja yang pantas dilakukan pengeboran. “Bila memang PT Inco mengaku tidak mengetahui mana-mana saja lubang bekas galiannya dengan alasan telah bercampur baur dengan lubang pasca tambang PT Hoffman, saya rasa itu adalah alasan yang mengada-ngada saja. Mereka pasti memilki data dan file-file yang tersimpan yang dapat memberikan petunjuk soal iti”, ungkapnya.
Hanya saja, menurut Halim, memang diduga tidak ada itikad baik dari perusahaan tersebut untuk membenahi dan merehabilitasi lubang-lubang pasca tambang yang dapat mebmbahayakan warga disekitar areal pertambangan tersebut.
Hubungan masyarakat (Humas) PT Inco, Syaiful Gobel yang dikonvirmasi Media ini Via telepon genggamnya terkait keberadaan lubang-lubang yang ada disekitar Desa Ganda-ganda Kecamatan Petasia tersebut, mengatakan bahwa memang ada lubang bekas galian yang diakui sebagai bekas eksplorasi dari PT Inco. Namun, menurut Syaiful, diantara lubang-lubang tersebut sudah tidak jelas lagi yang mana bekas galian PT Inco, dan yang mana bekas galian dari PT Hoffman.
Sebab kata dia, ada dua perusahaan yang melakukan eksplorasi dan eksplorasi dilahan yang sama, diantaranya disekitar Desa Ganda-ganda tersebut.
“Memang kami akui diantara lubang-lubang pasca tambang itu adalah lubang bekas kegiatan dari PT Inco. Hanya saja, sudah tidak jelas mana lubang pasca tambang yang diakibatkan oleh kegiatan PT Inco dan mana lubang yang diakibatkan oleh kegiatan PT Hoffman. Sebab, antara Inco dan Hoffman membuat kegiatan tambangnya pada lokasi yang sama. Jadi disini terjadi tumpang tindih lahan tambang antara dua perusahaa. Makanya sudah tidak jelas lagi”, jelasnya.
Namun, ketika media ini mengkonfirmasi bukankah ada titik-titik koordinat yang dibuat oleh ahli geologis setiap perusahaan tambang sebelum diadakan pengeboran, Syaiful Gobel mengatakan bahwa memang masih ada file titik-titik koordinat pra tambang yang dapat meberikan petunjuk lubang-lubang mana saja milik PT Inco dan mana milik PT Hoffman. Namun, kata Syaiful, pihaknya harus membuka data-data lama dulu, dan hal itu memerlukan waktu.
“Iya memang, ada data-data titik koordinat sebelum pengeboran, namun berarti kami harus membuka file-file lama yang jumlahnya sangat banyak. Dan itu memerlukan waktu”, jelas corong PT inco ini. TIO

Tidak ada komentar: