Jumat, 03 Juni 2011

Lokasi Tower SUTET Tergenang Air


Peura-Poso, Sudah dua minggu lebih tidak tampak aktifitas perusahaan pada lokasi tapak tower 51 menurut Ibu Beti warga Desa Peura. Hal ini diduga Karena kondisi lokasi yang sudah digali untuk pemancangan konstruksi tower SUTET 275Kv Poso II-Palopo Pomala’a ini tergenang air hingga ¾ lubang. Lanjut Ibu Beti menjelaskan.

Sejak awal memang lokasi tapak tower 51 dan 52 ditolak karena warga tidak setuju jika tower SUTET melintasi pemukiman warga Peura. Penolakan ini tidak diindahkan sama sekali bahkan aktivitas perusahaan terus berlangsung hingga kondisi dua lubang pada tapak tower 51 dan 52 penuh air. Meskipun sudah menggunakan mesin alcon untuk menyedot air tersebut tetapi kondisinya sama saja, air tidak berkurang sama sekali.

Lokasi tapak tower ini memang sangat kontroversi karena sudah empat kali dipindahkan tanpa uji kelayakan yang pasti dan tanpa sosialisasi yang baik kepada warga Peura. Namun aktivitas perusahaan terus berlangsung dan terkesan memang dipaksakan karena kurang lebih enam tahun lamanya PLTA Poso masih belum juga beroperasi dan menyuplai energy listrik yang dihasilkannya kepada para pembeli yang sudah melakukan kesepakatan sejak awal dengan Pihak Pengembang proyek dalam hal ini PT.Poso Energy yang tak lain adalah bagian dari Bukaka Group milik Keluarga Kalla.

Sementara warga Peura yang memang menolak pembangunan tower 51 dan 52 di desa Peura sedikit berlega hati karena penolakan mereka selama ini memberikan bukti bahwa memang lokasi yang dipaksakan saat ini memang tidak layak untuk dibangun tower SUTET. Meskipun proses hokum yang mereka harus jalani akibat penolakan mereka yang berujung pada kriminalisasi oleh pihak perusahaan melalui aparat kepolisian setempat tetap berjalan hingga saat ini.

1 komentar:

Rahmat Putra mengatakan...

go sulteng
visit : http://www.ndessoo.co.cc/2011/06/teluk-tomini.html