Rabu, 18 Agustus 2010

PEMBANGUNAN JALAN Sulteng Butuh Rp 1 Triliun

Media Alkhairaat
Rabu 18 Agustus 2010

PEMBANGUNAN JALAN
Sulteng Butuh Rp 1 Triliun

Palu-Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membutuhkan lebih dari 1 triliun dana segar untuk pembangunan jalan baru yang menghubungkan Palu-Parigi Mautong, Buol-Toli-toli, dan Gimpu-Gintu (Kabupaten Sigi dan poso).

“Untuk ruas jalan Palu-Parigi Mautong masih butuh Rp550 miliar dari 600 miliar yang dibutuhkan, itu sudah Full Design,” Kata kepala Dinas Pekerjaan Umum Daerah Sulteng, Noor Mallo, Selasa.

Dia mengatakan, untuk jalan Palu-Parigi Mautong yang akan dibuka nanti akan mengambil titik nol dari lokasi bekas arena MTQ Palu.Sementara Parigi Mautong mengambil titik nol dari jalan lingkar Parigi, ibu Kota Kabupaten setempat.

Menurut Noor Mallo jalan Parigi-Palu adalah jalan alternatif yang jarakanya lebih dekat dibanding dengan ruas jalan Kebun Kopi yang ada sekarang.”Makin banyak jalan, akses akan makin mudah sehingga pertumbuhan ekonomi jauh lebih cepat,” kata Noor Mallo.

Dia mengatakan, jalan poros yang saat ini digunakan dalam wilayah ibu kota parigi mautong sudah sempit sehingga pemerintah bangun jalan lingkar daerah itu. Jalan lingkar tersebut terhubng dengan pusat-pusat pelayanan pemerintah di daerah itu. “ semua nanti akan dialihkan kejalan lingkar sebagai jalur utama. Kalau Palu-Parigi sudah terbuka, ini juga yang terhubung dengan jalan lingkar parigi, kata Noor Mallo sebagaimana dikutip ANTARA.

Dia juga menagatakan pembangunan jalan Palu-Parigi baru mendapat dukungan dana dari Menko Kesra tahun 2009 lalu. Dia juga menambahkan dukungan dana tersebut juga salah satu wujud dari percepatan pembangunan daerah tertinggal.

Selain jalan Palu-Parigi, Dinas Pekerjaan umum juga sudah mendesain Poros jalan air terang (Kabupaten Buol) dan Simpang Lampasio (Kabupaten Toli-toli). Menurut Noor Mallo, ruas jalan tersebut juga membutuhkan dana tidak kurang dari Rp300 miliar.

Satu lagi kata Noor Mallo jalan yang belum tembus hingga kini adalah poros Gimpu-Gintu di Kabupaten Poso, jalan sepanjang 50 Km ini kata Noor Mallo sudah masuk dalam daftar pemerintah provinsi yang sedang diusahakan pendanaanya. Menurut Noor Mallo akses Gintu-Gimpu ini juga tidak kalah pentingnya karena daerah ini salah satu potensi wisata alam besar disulteng yakin Taman Nasional Lore Lindu (TNLL)

1 komentar:

PT. NAEING PUTRA mengatakan...

Kepada, Yth.
Bapak/Ibu pimpinan daerah
Di_tempat,

Dengan hormat,
Perkenalkan kami dari perusahaan PT. NAEING PUTRA adalah Advicer Financial Service Ayzed Indonesia Independent sebagai Lembaga Non Keuangan selalu siap membantu pendanaan proyek Pemerintah maupun Swasta di Seluruh Nusantara.
Demikian informasi ini kami sampaikan, apabila Bapak/Ibu membutuhkan dana proyek untuk kemajuan daerah atau perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, kami berharap semoga berkenan untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan dengan kami, Terima kasih.

Hormat kami,
(A.M. IRHONG N)
Hp. 081289000257
Telp. 021-50477000.

e-mail :
naeing.putra@yahoo.com atau
naeing-putra-financial-service@ayzed.asia