Kamis, 27 November 2008

Inco Bangun Pabrik di Bahodopi

Media Alkhairat, Kamis 27 November 2008

Inco Bangun Pabrik di Bahodopi

Palu – PT. International Nikel Indonesia Tbk.
(PT. Inco) melalui Direcror Bahodopi dan Pomalaa Projct, Kuyung Andrawina, Rabu (26/11) menegaskan, pihaknya tetap berkomitmen membangun pabrik di Bahodopi Kabupaten Morowali propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sesuai kontrak karya.
Olehnya dia meminta dukungan pemerintah dan masyarakat terkait rencana mereka membangun pabrik tersebut yang saat ini akan memulai proses tahapan awal yakni terkait analisis dampak lingkungan Amdal dengan melibatkan pihak
Konsultan PT. Inco Bapedalda Provinsi dan Kabupaten hingga sampai tahap konstruksi dan penyelesaian.
“Kami rencananya bulan Januari 2009 akan masuk dalam kerangka Amdal dan bila semua telah berjalan dengan baik dan hasilny sudah ada maka kami akan membangun infrastruktur berupa jalan dari Soroaka ke Bahodopi., membangun dermaga dan landasan pesawat,” ujarnya.
Kuyung juga menyebutkan salah satu komitmen dari PT. Inco yakni memberikan bantuan kepada Universitas Tadulako senilai Rp 2,1miliar untuk pembangunan sarana kuliah dan laboraturium fakultas kedokteran serta memberikan beasiswa kepada 34 mahasiswa.
Ia melanjutkan, untuk investasi di Bahodopi sesuai kontrak karya yang ditanda tangani sejak tahun 1968 dan diperpanjang tahun 1996 hingga 2025 itu mencapai 500 juta dollar diharapkan dengan sisa waktu yang ada bisa mengembalikan investasi PT. Inco.
Untuk pembangunan pabrik di Bahodopi kemungkinan besar bisa seperti itu sama halnya dengan di Soroaka namun bisa saja berubah terkait hasil Amdal nantinya sehingga bisa diketahui secara pasti tekhnologi dan jenis pabrik yang akan dibangun. Ketika ditanya mengenai dampak krisis keuangan global terkait dengan PT. Inco, Kuyung mengakui memang terjadi dampak sehingga merekapun mengantisipasi dengan menggunakan tekhnologi baru yang lebih murah dan menggunakan fasilitas yang telah ada.
“PT. Inco sekarang memang mengalami resesi sehingga berhati-hati dalam menjustifikasi semua proyek-proyek PT. Inco.***

Tidak ada komentar: